Kamis, 30 April 2020

#AprilProduktifDay29 - Mupus dan Legowo



Saya tidak tahu harus menyampaikan apa. Apa ya, saya tidak tahu apa yang harus orang lain tahu. Mungkin untuk sekarang ini memang ada beberapa hal yang berkecamuk di dalam pikiran saya. Namun bukan untuk saya eksekusi di sini. Ada yang saya eksekusi dalam bentuk komik (memang kayaknya komik semua sih). Tungguin saja, dan bukan di sini, tapi di platform lain.

Oh ya, mungkin ada hal yang ingin saya sampaikan bahwa mari belajar untuk memperluas sudut pandang. Karena ini penting terutama di masa di mana banyak orang lebih mudah langsung menyerang daripada ber-tabayun lebih dahulu, terutama di sosial media. Apapun yang dipost orang yang penting komentar dahulu, serang dulu, nyiyirin dulu, tanpa tabayun atau mencari informasi lain terlebih dahulu.

Selain itu, mari belajar untuk lebih legowo dalam menghadapi hidup. Suatu waktu saya menonton video sebuah acara Maiyahan, namun bukan Cak Nun tapi putranya, mas Sabrang. Mas Sabrang menjelaskan bagaimana mupus dalam hidup. Sebagai contoh, dulu ada isu harga rokok naik hinggan 50 ribu, namun dengan mupus maka berpikirnya akan berbeda, “iya ya, rokok harga 15 ribu saja nikmat sekali, apalagi kalua 50 ribu”. Itu hanya sebagai contoh (saya mohon maaf terhadap contoh tersebut untuk orang-orang tidak suka rokok bahkan sampai benci perokok). Misal ada masalah yang sampai membuat pusing sampai stres, jika kita legowo dan mupus, maka kita akan berpikir “iya ya ini baru masalah begini saja kok, saya pasti bias menghadapi ini, soalnya nanti pasti ada lagi masalah yang lebih berat, jadi ini bukan apa-apa”.

Memang hal-hal tersebut tidaklah mudah. Saya sendiri selalu mencoba mempraktikkannya. Dan memang tidak mudah.

Sekian.









0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Gerakan Komik Bosok | Powered by Blogger
Design by Blog Oh! Blog | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com