Rabu, 08 April 2020

#AprilProduktifDay8 - Lupa Adalah Manusiawi




Berbicara soal lupa, merupakan sebuah hal yang sering terjadi dalam hidup. Saya sangat sering lupa terhadap hal-hal sehari-hari. Sering saya ketika akan berangkat kerja saya mengunci pintu, namun beberapa menit kemudian saya lupa apakah tadi sudah saya kunci atau belum, kemudian saya mengecek pintu lagi dan ternyata sudah saya kunci.

Menurut saya tidak ada yang salah dengan lupa, karena bagi saya lupa adalah sesuatu yang tidak disengaja. Tapi bukan berarti lupa bisa menjadi alasan untuk tidak melakukan sesuatu. Itu namanya menyalahgunakan lupa.

Ada pepatah Al Insanu Mahalul Khoto Wa Nisyan, “manusia tempatnya salah dan lupa”. Itulah mengapa saya mengatakan bahwa tidak ada yang salah dengan lupa. Namun, selain lupa, pepatah itu juga soal salah. Manusia tempat salah. Namun kadang hal ini digunakan untuk membela diri ketika melakukan kesalahan, entah disengaja atau tidak. Yang paling buruk menuruku adalah ketika dengan sengaja melakukan hal yang salah dan menggunakan pepatah tersebut untuk membela diri. Karena menurutku jika salah ya diakui saja kalau salah.

Saya teringat tulisan Marzuki Mohammad a.k.a Kill The DJ di bukunya Java Beat in The Big Apple yang mengatakan ketika beliau, Marzuki Mohammad, tour hip hop di Amerika bersama teman-teman JHF (Jogja Hiphop Foundation), beliau diwawancara dan ditanya, “apa yang identik tentang negara anda?”, tanya seorang wartawan dalam bahasa Inggis (Amerika). Marzuki menjawab, “korupsi”. Si wartawan kaget, “kenapa korupsi identik dengan Negara anda?”. Marzuki menjawab, “bagaimana bisa maju jika tidak mau mengakui hal yang salah”. (Note: ini seingat saya saja, karena ketika mau menulis ini saya cari buku Java Beat in The Big Apple untuk mengutip hal ini tapi tidak ketemu).



Yogyakarta, 08 April 2020

Iqbal Fahreza

2 komentar:

Popular Posts

Recent Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Gerakan Komik Bosok | Powered by Blogger
Design by Blog Oh! Blog | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com