Minggu, 26 April 2020

#AprilProduktifDay24 - Ya Tawwab Tubb 'Alaina

Saya merindukan ketika selesai tadarusan di bulan Ramadhan di Mushola dekat rumah saya, yaitu melantunkan syair Ya Tawwab Tubb 'Alaina yang disambung dengan syair Qod Kafani.

Yang membuat saya rindu adalah ketika pertama kali mendengar syair tersebut dilantunkan. Jadi, dulu ketika saya masih kecil pernah menjalankan puasa di sebuah desa kecil di pinggir kota Pamekasan, Madura. Di masjid tempat saya ikut shalat Tarawih, setiap selesai tadarusan langsung melantunkan syair Ya Tawwab Tubb Alaina yang disambung syair Qod Kafani. Di situlah saya melihat betapa menggembirakannya bulan Ramadhan. anak-anak kecil yang tadinya lari-larian, bermain-main, namun ketika dilantunkan syair tersebut semua anak berkumpul mengerumuni orang yang melantunkan syair tersebut dan serentak ikut melantunkan syair tersebut dengan riang gembira tanpa beban apapun.

Dan kemudian oleh bapak saya syair tersebut di bawa ke mushola dekat rumah saya untuk dilantunkan setelah tadarus di bulan Ramadhan.



Ya tawwab tubb alaina Warhamna wandur ilaina
Falihadzas-sirri ad’u  fi yasari wa ‘asari
Ana ‘abdun shoro fakhri dlimna faqri wadlthirori
Qod kafani ‘ilmu robbi min su-ali wakhtiyari
Wa bima qod halla qolbi min humumin wasytigholi
Fatadarokni biluthfin minka ya mawlal mawali
Ya karimal wajhi ghitsni qobla an yafna-shthibari
Ya sari’al ghoutsi ghoutsan minka yudrikni sari’an
Yahzimul ‘usro wa ya’ti billadzi arju jami’an
Ya qoriban ya mujiban ya ‘aliman ya sami’an
Qod tahaqqoqtu bi ‘ajzi wa khudlu i wankisari
Lam azal bil babi waqif farhaman robbi wuqufi
Wa biwadil fadl-li akif fa-adim robbi ‘ukufi
Wa lihusnidhdhonni lazim wa huwa khali wa halifi
Wa anisi wa jalisi thula laili wa nahari
Hajatan fin-nafsi ya robb faqdliha ya khoiro qodli
Wa sururin wa huburin wa idza ma kunta rodli
Falhana walbasthu hali wa syi’ari wa ditsari
Qod kafani ‘ilmu robbi min su-ali wakhtiyari



0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Categories

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Gerakan Komik Bosok | Powered by Blogger
Design by Blog Oh! Blog | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com